welcome to MY WORLD

Hi, this is blog of hullie "QUEEN"

Have fun GUYS!
^^

about "BEECHINSTEIN"

need help?

Memuat...

Rabu, 10 Maret 2010

Bioriset - Pengaruh Cahaya Terhadap Kecepatan Pertumbuhan Batang

 Latar Belakang:
Kacang hijau merupakan salah satu tanaman Leguminosae yang cukup penting di Indonesia dan berumur pendek . Tanaman ini disebut juga mungbean, green gram atau golden gram. Kacang hijau adalah tanaman tropis yang menghendaki suasana tropis selama hidupnya, tetapi tanaman ini tetap dapat tumbuh di daerah yang curah hujannya rendah dengan memanfaatkan sisa-sisa kelembapan pada tanah bekas tanaman yang diairi.

 Rumusan Masalah:
Apakah cahaya berpengaruh terhadap kecepatan pertumbuhan batang kecambah hijau?

 Hipotesis:
Cahaya selain berpengaruh terhadap proses fotosintesis juga berpengaruh terhadap pertumbuhan setiap organ dan keseluruhan tumbuhan. Keadaan cahaya berpengaruh terhadap bentuk luar tumbuhan dan laju perpanjangannya. Dalam keadaan terang pertumbuhan tumbuhan terhambat, sedangkan dalam keadaan gelap pertumbuhan tumbuhan sangat cepat. Untuk membuktikan hal tersebut yaitu dengan membandingkan satu macam tumbuhan yang tumbuh di tempat terang dan tempat gelap.

 Variabel:
1. Variabel bebas : -
2. Variabel terikat : Pertumbuhan kacang hijau/kecambah; dengan indikator bentuk daun, tinggi tanaman dan kekuatan akar didalam tanah.
3. Variabel control : Lokasi pertumbuhan; Pot A tempang terang dan Pot B tempat gelap.

 Alat dan Bahan:
1. Dua Pot
2. Kecambah kacang hijau secukupnya
3. Tanah
4. Air
5. Alat ukur penggaris
6. Sekop

 Hasil Observasi (1):
Penanaman Kecambah/Kacang hijau dimulai tanggal 6 Agustus 2009.
Dalam penanaman ini menggunakan 2 pot. Pot pertama untuk penelitian di tempat terang, sedangkan pot kedua untuk penelitian di tempat gelap.
 Penyiraman : Setiap hari di sore hari
 Jumlah air : 15 sendok makan
 Pengukuran berdasar : Batang yang tertinggi

Hari ke- Tanggal Tempat Terang
(ukuran/tinggi) Tempat Gelap
(ukuran/tinggi)
1 6 Agustus 2009 Penanaman Penanaman
2 7 Agustus 2009 Belum tumbuh Belum tumbuh
3 8 Agustus 2009 Belum tumbuh Belum tumbuh
4 9 Agustus 2009 2,5 cm 4 cm
5 10 Agustus 2009 7 cm 12 cm
6 11 Agustus 2009 12 cm 21 cm
7 12 Agustus 2009 18 cm 30 cm
8 13 Agustus 2009 23,5 cm 35 cm

 Hasil Observasi (2):
Dari percobaan tersebut kami menemukan besarnya perbedaan antara tempat terang dan gelap:
Tempat Terang Tempat Gelap
Daun Berwarna hijau (memiliki banyak klorofil) dan tumbuh normal (melebar dan membesar). Berwarna kuning (kekurangan klorofil) dan tidak tumbuh normal (melebar dan membesar).
Batang Berwarna hijau dan sebagian memerah tumbuh kecil dan kuat serta menjulang ke atas (tegak lurus) disebabkan sedikitnya auksin yang diterima tumbuhan. Berwarna putih pucat, membesar dan tumbuh memanjang (tidak tegak lurus) membengkok kearah cahaya disebabkan banyaknya auksin yang diterima tumbuhan.
Akar Berada didalam tanah dan merekat kuat. Berwarna putih dan tidak merekat ditanah karena umumnya tidak mempunyai kekuatan.

 Kesimpulan:
Dari hasil observasi ini, kita dapat mengetahui bahwa ternyata faktor lingkungan (cahaya) sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan kecambah/kacang hijau ini. Cahaya yang selain berpengaruh terhadap proses fotosintesis juga berpengaruh terhadap pertumbuhan setiap organ dan keseluruhan tumbuhan.
Dalam keadaan terang, batang memiliki auksin yang sedikit, karena auksin mengalami kerusakan jika terkena cahaya sehingga pertumbuhan tumbuhan pun terhambat. Tetapi walaupun begitu, tumbuhan dalam keadaan terang memiliki banyak klorofil dan tumbuh berkembang.
Sedangkan dalam keadaan gelap, batang memiliki banyak auksin sehingga tumbuh lebih panjang. Tetapi dalam keadaan gelap ini walaupun tumbuh dengan lebih cepat daripada yang terkena cahaya, tumbuhan menjadi pucat karena kekurangan klorofil, kurus, tidak berkembang (mengalami etiolasi), batang membengkok ke arah cahaya dan berumur pendek.

 Saran/Hal yang Perlu diperhatikan Dalam Penanaman Kecambah kacang Hijau:
 Pertumbuhan tanaman ini sangat cocok didaerah tropis.
 Hindari penanaman lebih dalam dari 1 cm
 Hindari penanaman kecambah yang panjangnya kurang dari 0,5 cm (agar dapat dibedakan antara pumula dan raqdikul)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Leave ur comment, ^^